TUGAS AKHIR
TUNE UP
KONVENSIONAL,OVERHAUL ENGINE,
OVERHAUL TRANSMISI
MANUAL,OVERHAUL SYSTEM STARTER DAN
PENGISIAN
DisusunOleh:
Nama :
NISN :
Kelas :
Jurusan :
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Paket Keahlian :
1. TUNE-UP Konvensional
2. Overhaul Engineo
3. Overhaul Transmisi manual
4. Overhaul Sistem Starter & Sistem Pengisian
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TAHUN PELEJARAN 2016/2017
HALAMAN PENGESAHAN
TUNE UP
KONVENSIONAL,OVERHOUL ENGINE,
OVERHOUL TRANSMISI
MANUAL,OVERHOUL SYSTEM STARTER DAN PENGISIAN
Disusun
Oleh:
Nama :
NISN :
Kelas :
XII TKR 4
Jurusan :
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
PaketKeahlian :
1. TUNE-UP Konvensional
2. Overhoul Engine
3. Overhoul Transmisi
4. Overhoul Sistem Starter & Sistem Pengisian
Moga, Februari 2017
Menyetujui:
Pembimbing Kepala
program
Mengetahui,
Kepala Sekolah
HALAMAN PERNYATAAN
Yang bertandatangan dibawah
ini
Nama :
NISN :
Kelas :
XII TKR 4
Program
Keahlian : TEKNIK KENDARAAN RINGAN
TUNE UP
KONVENSIONAL,OVERHOUL ENGINE,
OVERHOUL TRANSMISI
MANUAL, OVERHOUL SYSTEM STARTER DAN PENGISIAN
Dengan ini menyatakan bahwa hasil
Penulisan Tugas Akhir (TA) yang telah saya buat ini merupakan hasil karya sendiri
dan benar keasliannya, apabila dikemudian hari Tugas Akhir (TA) ini hasil jiplakan
karya orang lain, maka saya bersedia menerima sanksi berdasarkan tata tertib akademik
di SMK
Demikian pernyataan ini saya buat dalam
keadaan sadar dan tidak dipaksakan.
Penulis
HALAMAN PENGUJI
TUNE UP
KONVENSIONAL,OVERHOUL ENGINE,
OVERHOUL TRANSMISI
MANUAL, OVERHOUL SYSTEM STARTER DAN PENGISIAN
Disusun
Oleh:
Nama :
NISN :
Kelas : XII TKR 4
Program Keahlian : TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Paket Keahlian :
1. TUNE-UP Konvensional
2. Overhoul Engine
3. Overhoul Transmisi
4. Overhoul Sistem Starter &Sistem
Pengisian
Tugas Akhir ini telah dipresentasikan & diujikan
dihadapan tim penguji.
Moga, Februari 2017
Penguji Internal
1.`Hafid Amaludin S.pd (……………….)
2.`Maiya Utami S.pd (……………….)
3.`Imron, S.T (……………….)
4. Citra Satria Pangembara S.pd (………………..)
5. Akhmad Syarief S.pd (……………….)
Penguji Ekternal
1.________________________ (………………)
2.________________________ (…………….)
3.________________________ (………………)
4.________________________ (…………….)
HALAMAN MOTTO
1. Kita lahir dengan dua mata di depan wajah
kita, karena kita tidak boleh melihat ke belakang, tapi pandanglah semua itu
kedepan, pandanglah masa depan kita.
2. Terkadang rasa kecewa yang mendalam
disebabkan oleh harapan diri yang terlalu tinggi terhadap sesuatu.
3. Masa lalumu tak mungkin menghambatmu,
karena ia sudah berlalu, hatimulah yang lelah menghambatmu.
4. Ada hari di mana kita harus berhenti
sejenak, menengok ke belakang lalu bersyukur.
5. Pintar adalah hasil dari ketekunan.
6. Janganlah kamu meremehkan orang lain karena belum
tentu kamu lebih baik dari orang yang diremehkan.
7. Peraturan dibuat untuk ditaati bukan dilanggar.
8. Bisa karena berusaha belajar.
9. Percayalah kepada kemampuan diri sendiri karena
tidak ada yang dapat menolong kamu selain diri sendiri.
10. Selalu semangat untuk mencapai kesuksesan.
11. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang belum
kamu ketahui.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya
sehingga saya dapat menyusun Tugas Akhir (TA) tanpa halangan suatu apapun.
Terima
kasih saya sampaikan kepada pihak yang telah mendukung dan telah membantu dalam
Penyusunan Tugas Akhir (TA) ini.Tugas Akhir (TA) ini merupakan salah
satu syarat kelulusan, Tugas Akhir (TA) ini berisi uraian materi langkah kerja
service dan lain-lain.
Dalam
Penyusunan Tugas Akhir (TA) ini saya berusaha semaksimal mungkin.
Moga, Februari
2017
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL………………………………………………………… i
HALAMAN
PENGESAHAN……………………………………………….. ii
HALAMAN
PERNYATAAN……………………………………………….. iii
HALAMAN
PENGUJI……………………………………………………… iv
HALAMAN
MOTTO………………………………………………………... v
KATA PENGANTAR……………………………………………………….. vi
DAFTAR ISI………………………………………………………………… vii
DAFTAR GAMBAR……………………………………………………….... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang…………………………………………………. 1
B. Tujuan ……….…..……………………………………………. 1
C. Manfaat ……….…..…………………………………………… 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Alat dan Bahan……………………………………………… .... 2
B. MateriUji
1. Tune Up Konvensional ……................................................ 4
2. Overhoul Engine………………………………………............. 18
3. Overhoul Transmisi manual …………………………………… 57
4. Overhoul Sistem Starter
dan Pengisian.................................. 64
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan …………………………………………………... 84
B. Saran …………………………………………………………. 84
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………..... 85
Lampiran:
Halaman bimbingan ……………………………………………..... 86
1. GAMBAR TUNE UP KONVENSIONAL
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
Hal
|
1
|
1.1
|
Memasang Fender Cover
|
4
|
2
|
1.2
|
Memeriksa Tinggi
Oli
|
5
|
3
|
1.3
|
Memeriksa Kondisi
Oli
|
6
|
4
|
1.4
|
Pemeriksaan Tinggi
Permukaan Air Pendingin
|
6
|
5
|
1.5
|
Memeriksa Kondisi Air Pendingin
|
6
|
6
|
1.6
|
Memeriksa Sistem
Pendingin
|
6
|
7
|
1.7
|
Pemeriksaan Kerja
Tutup Radiator
|
7
|
8
|
1.8
|
Memeriksa Tali Kipas
|
7
|
9
|
1.9
|
Pemeriksaan dan Menyetel
Tegangan Tali Kipas
|
7
|
10
|
1.10
|
Membersihkan Saringan
Bensin
|
7
|
11
|
1.11
|
Membersihkan Saringan
Udara
|
8
|
12
|
1.12
|
Pemeriksaan Kotak
Baterai
|
8
|
13
|
1.13
|
Pemeriksaan
Volume Electrolyte
|
8
|
14
|
1.14
|
Pemeriksaan Berat
Jenis BJ Electrolyte
|
9
|
15
|
1.15
|
Pemeriksaan
Terminal/Pole Baterai
|
9
|
16
|
1.16
|
Pemeriksaan Busi
|
9
|
17
|
1.17
|
Kondisi Busi
|
10
|
18
|
1.18
|
Penyelah Celah Busi
|
10
|
19
|
1.19
|
Pemeriksaan Tahanan
Kabel-Kabel Busi
|
11
|
20
|
1.20
|
Pemeriksaan
Distributor
|
11
|
21
|
1.21
|
Membersihkan
Rotor
|
11
|
22
|
1.22
|
Pemeriksaan Platina
|
11
|
23
|
1.23
|
Menyetel Platina
|
11
|
24
|
1.24
|
Pemeriksaan
Governor Advancer
|
12
|
25
|
1.25
|
Pemeriksaan Vacum
Advancer
|
12
|
26
|
1.26
|
Pemeriksaan Oktan
Selector
|
12
|
27
|
1.27
|
Pemeriksaan Coil
|
12
|
28
|
1.28
|
Pemeriksaan
Primary Coil
|
13
|
29
|
1.29
|
Pemeriksaan
Secondary Coil
|
13
|
30
|
1.30
|
Pemeriksaan Sudut
Dwell
|
13
|
31
|
1.31
|
Penyetelan Putaran
Idle
|
14
|
32
|
1.32
|
Penyetelan Saat Pengapian
|
14
|
33
|
1.33
|
Pemeriksaan dan Penyetelan
Celah Katup
|
15
|
34
|
1.34
|
Penyetelan Katup
|
15
|
35
|
1.35
|
Pemeriksaan Gas
Buang
|
16
|
36
|
1.36
|
Pemasangan Kap Pembatas
Idle
|
16
|
37
|
1.37
|
Pemeriksaan Tekanan
Kompresi
|
16
|
2. GAMBAR OVERHOUL ENGINE
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
Hal
|
1
|
2.1
|
Komponen-Komponen
Kepala Silinder
|
18
|
2
|
2.2
|
Membongkar Kepala
Silinder
|
19
|
3
|
2.3
|
LepasRakitan
Manifold dan Karburator
|
19
|
4
|
2.4
|
Lepas 2 Mur
Pengikat, Seal Washer, Tutup Kepala Silinder dan Gasket
|
19
|
5
|
2.5
|
Lepas Rakitan
Rocker Arm dan Shaft
|
19
|
6
|
2.6
|
Lepas 3 Baut Beberapa
Tahap
|
19
|
7
|
2.7
|
Lepas 10 Baut Kepala
Silinder
|
20
|
8
|
2.8
|
Angkat Kepala Silinder
|
20
|
9
|
2.9
|
Lepas RumahSaluran Keluar Air dan Plat Belakang
|
20
|
10
|
2.10
|
Lepas Katup-Katup
|
20
|
11
|
2.11
|
Bersihkan Katup-Katup
|
20
|
12
|
2.12
|
Memeriksa Batang
Katup dan Bushing
|
20
|
13
|
2.13
|
Ukur Diameter
Batang Katup dengan Mikrometer
|
21
|
14
|
2.14
|
Periksa dan Gerindalah
Katup
|
21
|
15
|
2.15
|
Mengukur Ketebalan
Tepi Katup
|
21
|
16
|
2.16
|
Mengukur Panjang
Keseluruhan Katup
|
21
|
17
|
2.17
|
Menggerinda Batang
Katup
|
21
|
18
|
2.18
|
Memeriksa Permukaan
Ujung Batang Katup
|
22
|
19
|
2.19
|
Periksadan Bersihkan
Dudukan Katup
|
22
|
20
|
2.20
|
Periksa Posisi Dudukan
Katup
|
22
|
21
|
2.21
|
Periksa Permukaan
Katup dan Dudukannya
|
22
|
22
|
2.22
|
Putarlah Katup pada Dudukannya Setelah Diolesi dengan
Compound Pengikis
|
22
|
23
|
2.23
|
Mengukur Kemiringan
Pegas Katup
|
23
|
24
|
2.24
|
Mengukur Panjang
Bebas Pegas Katup
|
23
|
25
|
2.25
|
Mengukur Ketegangan
Pegas Katup
|
23
|
26
|
2.26
|
Pemeriksaa
Rocker Arm dan Shaft
|
23
|
27
|
2.27
|
Periksa Permukaan
Singgung Rocker Arm
|
24
|
28
|
2.28
|
Memeriksa Celah
Rocker Arm dan Shaft
|
24
|
29
|
2.29
|
Memeriksa Celah
Oli antara Rocker Arm dan Shaft
|
24
|
30
|
2.30
|
Mengukur Diameter
Rocker Shaft
|
24
|
31
|
2.31
|
Memasang RakitanValve
Rocker Shaft
|
25
|
32
|
2.32
|
Memeriksa Push
Road
|
25
|
33
|
2.33
|
Memeriksa
Manifold
|
25
|
34
|
2.34
|
Merakit Kepala Silinder
|
25
|
35
|
2.35
|
Memasang Katup
|
25
|
36
|
2.36
|
Memasang Pengunci
(2 Keeper) dengan SST
|
26
|
37
|
2.37
|
Memastikan Pemasangan
Katup Benar dengan Cara Memukul dengan Palu Plastic
|
26
|
38
|
2.38
|
Memasang Gasket
Kepala Silinder
|
26
|
39
|
2.39
|
Memasang Baut Kepala
Silinder
|
26
|
40
|
2.40
|
Memberi Tanda Pada
Bagian Depan Baut Kepala Silinder dengan Cat
|
27
|
41
|
2.41
|
Mengencangkan Baut
Kepala Silinder Sebanyak 90 derajat
|
27
|
42
|
2.42
|
Memasang Baut Kepala
Silinder yang Terletak Di dalam Lubang
|
27
|
43
|
2.43
|
Memasang Rakitan
Valve Rocker Shaft
|
27
|
44
|
2.44
|
Komponen-Komponen
Mesin
|
29
|
45
|
2.45
|
Melepas Puli Pompa
Air dan TaliKipas
|
30
|
46
|
2.46
|
Melepas Puli
Crank Shaft
|
30
|
47
|
2.47
|
Melepas Tutup Rantai
Timing
|
30
|
48
|
2.48
|
Memeriksa Kekendoran
Rantai Timing
|
30
|
49
|
2.49
|
Melepas Penegang
Rantai dan Peredam Getaran
|
30
|
50
|
2.50
|
Melepas Roda
Gigi Crank Shaft
|
31
|
51
|
2.51
|
Melepas Thrust
Plate dan Cam Shaft
|
31
|
52
|
2.52
|
Mengukur Panjang
Rantai
|
31
|
53
|
2.53
|
Mengukur
Diameter Roda Gigi Bersama Rantai
|
31
|
54
|
2.54
|
Memeriksa Penegang
Rantai dan Peredam Getaran
|
32
|
55
|
2.55
|
Memeriksa Cam
Shaft
|
32
|
56
|
2.56
|
Mengukur Run Out
Pada Journal Tengah
|
32
|
57
|
2.57
|
Mengukur Ketinggian
Cam Lobe
|
32
|
58
|
2.58
|
Memasang Thrust
Plate dan Roda Gigi Cam Shaft Pada Cam Shaft
|
34
|
59
|
2.59
|
Memasang Cam
Shaft dan Thrust Plate
|
34
|
60
|
2.60
|
Memasang Roda
Gigi pada Crank Shaft
|
34
|
61
|
2.61
|
Memasang Rantai
Timing danRoda Gigi Cam Shaft
|
34
|
62
|
2.62
|
Memasang Penegang
Rendam Getaran
|
35
|
63
|
2.63
|
Memasang Tutup Rantai
Timing
|
35
|
64
|
2.64
|
Memasang Puli
Crank Shaft
|
35
|
65
|
2.65
|
Komponen-Komponen
Blok Silinder
|
36
|
66
|
2.66
|
Melepas Penahan Oli
Seal Belakang
|
37
|
67
|
2.67
|
Memeriksa Celah
Connecting Rod
|
37
|
68
|
2.68
|
Memeriksa Tanda Pemasangan
Pada Connecting Rod
|
38
|
69
|
2.69
|
Melepas Dua Baut
Kepala Silinder
|
38
|
70
|
2.70
|
Memeriksa Crank
Pin dan Bearing
|
38
|
71
|
2.71
|
Memasang Plastigage
Pada Crank Pin
|
38
|
72
|
2.72
|
Mengukur Plastigage
PadaTempat yang Paling Lebar
|
38
|
73
|
2.73
|
Petunjuk Tanda
Bearing Standart
|
39
|
74
|
2.74
|
Membersihkan
Carbon dan Bagian Alas Silinder
|
39
|
75
|
2.75
|
Memeriksa Celah
Crank Shaft
|
39
|
76
|
2.76
|
Melepas 10 Baut
Main Bearing Cap
|
39
|
77
|
2.77
|
Melepas Main
Bearing Cap
|
40
|
78
|
2.78
|
Memasang Crank
Shaft
|
40
|
79
|
2.79
|
Periksa Main
Bearing danJurnal
|
40
|
80
|
2.80
|
Meletakan Plastigage
Pada Masing-Masing Jurnal
|
40
|
81
|
2.81
|
Memeriksa Celah Oli
|
40
|
82
|
2.82
|
Ukuran Masing-Masing
Bearing, Crank Shaft, Tanda Plastigage
|
41
|
83
|
2.83
|
Melepas Crank
Shaft
|
42
|
84
|
2.84
|
Membersihkan
Material Gasket
|
42
|
85
|
2.85
|
Memeriksa Kerataan
Permukaan Atas Blok Silinder
|
42
|
86
|
2.86
|
Memeriksa Goresan
Vertical SilinderSecara Visual
|
43
|
87
|
2.87
|
Ukuran Standar Untuk
Diameter Lubang Silinder
|
43
|
88
|
2.88
|
Mengukur
Diameter Lubang Silinder
|
43
|
89
|
2.89
|
Membersihkan Alur
Pada Bagian Alas Silinder
|
43
|
90
|
2.90
|
Memeriksa Kecepatan
Pemasangan Antara Piston dan Piston Pin
|
44
|
91
|
2.91
|
Melepas Ring
Piston
|
44
|
92
|
2.92
|
Melepas RelSisi
Ring Oli
|
44
|
93
|
2.93
|
Melepas
Connecting Rod
|
44
|
94
|
2.94
|
Membersihkan Karbon
dan Permukaanatas Piston
|
45
|
95
|
2.95
|
Membersihkan Alur
Pada Piston
|
45
|
96
|
2.96
|
Membersihkan
Piston dengan Sikat
|
45
|
97
|
2.97
|
Petunjuk Ukuran untuk
Diameter Standar Pada Permukaan Atas Piston
|
45
|
98
|
2.98
|
Mengukur
Diameter Piston
|
45
|
99
|
2.99
|
Tanda NomorPada
Piston
|
46
|
100
|
2.100
|
Mengukur Celah
Ring Piston danAlur
|
46
|
101
|
2.101
|
Memeriksa Celah Pada
Ujung Ring Piston
|
46
|
102
|
2. 102
|
Mengukur Celah Pada
Ujung Ring
|
46
|
103
|
2. 103
|
Memeriksa
Connecting Rod
|
47
|
104
|
2. 104
|
Memeriksa Puntiran
|
47
|
105
|
2. 105
|
Memeriksa Baut
Connecting Rod
|
47
|
106
|
2. 106
|
Mengukur
Diameter Piston
|
48
|
107
|
2. 107
|
Memeriksa Run
Out Crank Shaft
|
48
|
108
|
2. 108
|
Mengukur Main
Jurnaldan Crank Pin
|
48
|
109
|
2. 109
|
Mengukur
Diameter Bearing Cam Shaft
|
49
|
110
|
2. 110
|
Melepas Sumbat Ekspansi
|
50
|
111
|
2. 111
|
Melepas Bearing
Cam Shaft
|
50
|
112
|
2. 112
|
Memasang Bearing Cam Shaft yang Baru
|
50
|
113
|
2. 113
|
Meluruskan Lubang Pada Bearing dan Blok Silinder
|
50
|
114
|
2. 114
|
Memasang Bearing Cam Shaft
|
50
|
115
|
2. 115
|
Memasang SumbatEkspansi
|
50
|
116
|
2. 116
|
Memeriksa Celah Oli Valve Lifter
|
50
|
117
|
2. 117
|
Mengukur Diameter Lifter
|
51
|
118
|
2. 118
|
Meluruskan Tanda Depan Pada Piston dan Connecting Rod
|
51
|
119
|
2. 119
|
Tekan Piston Ring Menggunakan SST
|
51
|
120
|
2.120
|
Pasang Ring Oli
|
51
|
121
|
2. 121
|
Pasang Ring Kompresi
|
51
|
122
|
2. 122
|
Posisikan Ring Piston dengan Ujungnya
|
51
|
123
|
2. 123
|
Pasang Bearing Pada Connecting Rod dan Connecting Rod Cap
|
52
|
124
|
2. 124
|
Tanda Bearing AtasdanBawah
|
52
|
125
|
2. 125
|
Memasang Bearing Atas
|
52
|
126
|
2. 126
|
Memasang Bearing Bawah
|
52
|
127
|
2. 127
|
Memasang Thrust WhaserAtas
|
53
|
128
|
2. 128
|
Memasang Main Bearing
|
53
|
129
|
2. 129
|
Memasang Crank Shaft Pada Blok Silinder
|
53
|
130
|
2.130
|
Memasang 10 Baut Main Bearing Cap
|
53
|
131
|
2. 131
|
Memasang Piston Pada Blok Silinder
|
53
|
132
|
2. 132
|
Memasang Connecting Rod
|
54
|
133
|
2. 133
|
Memasang Baut Connecting Rod
|
54
|
134
|
2. 134
|
Memberi Tanda Pada Bagian Depan Connecting Rod Cap
|
55
|
135
|
2. 135
|
Mengencangkan Baut Connecting Rod Cap
|
55
|
136
|
2. 136
|
Memasang Penahan Oil Seal Belakang
|
55
|
137
|
2. 137
|
Memasang Bracket Engine Mounting
|
55
|
138
|
2. 138
|
Memasang End Plate Depan
|
55
|
139
|
2. 139
|
Memasang Drain Cock
|
55
|
140
|
2.140
|
Memasang Fly Wheel
|
56
|
3. GAMBAR OVERHUL TRANSMISI MANUAL
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
Hal
|
1
|
3.1
|
Langkah Pembongkaran
|
57
|
2
|
3.2
|
Bagian Depan Poros Output
|
58
|
3
|
3.3
|
Beri Table/Tanda
Untuk Masing-Masing Cincin Sinkromes
|
58
|
4
|
3.4
|
Gear Dari Belakang
|
59
|
5
|
3.5
|
Persiapkan Unit Penghubung Sinkromes
|
59
|
6
|
3.6
|
Perbedaan dan Arah Pemasangannya
|
59
|
7
|
3.7
|
Pasang Proses Output
|
60
|
8
|
3.8
|
Perbedaan Cincin Sinkromes
|
60
|
9
|
3.9
|
Pemasangan Pasak Pengunci
|
61
|
10
|
3.10
|
Pemeriksaan Poros Input
|
61
|
11
|
3.11
|
Pemeriksaan Dudukan Bantalan Pilot
|
62
|
12
|
3.12
|
Pemeriksaan Kelurusan Poros Utama
|
62
|
13
|
3.13
|
Pemeriksaan Roda Gigi 1,2,3 dan R
|
62
|
14
|
3.14
|
Roda Gigi Sinkromes
|
62
|
15
|
3.15
|
Pemeriksaan Pengereman Cincin Sinkromes
|
63
|
16
|
3.16
|
Pemeriksaan Celah Garpu dengan Dudukan
|
63
|
17
|
3.17
|
Pemeriksaan
Gigi-Gigi Roda dan Dudukan
|
63
|
4. A. STATER
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
Hal
|
1.
|
Gambar 4.1
|
Membongkar motor starter
|
64
|
2.
|
Gambar 4.2
|
Pemeriksaan motor starter
|
64
|
3.
|
Gambar 4.3
|
Pengetesan sirkuit
|
64
|
4.
|
Gambar 4.4
|
Pemeriksaan komutator dengan masa
|
65
|
5.
|
Gambar 4.5
|
Pemeriksaan run out komutator
|
65
|
6.
|
Gambar 4.6
|
Pemeriksaan diameter komutator
|
65
|
7.
|
Gambar 4.7
|
Pemeriksaan kedalama alur
|
65
|
8.
|
Gambar 4.8
|
Pemeriksaan antara ujung ujung kabel/sikat field coil
|
65
|
9.
|
Gambar 4.9
|
Pemeriksaan ujung kabel/sikat field
coil dengan masa
|
66
|
10.
|
Gambar 4.10
|
Pemeriksaan panjang sikat
|
66
|
11.
|
Gambar 4.11
|
Pemeriksaan pemegang sikat
|
66
|
12.
|
Gambar 4.12
|
Pemeriksaan beban pegas sikat
|
66
|
13.
|
Gambar 4.13
|
Pemeriksaan pinion gear pada kopling
|
67
|
14.
|
Gambar 4.14
|
Pemeriksaan plunyer suit magnet
|
67
|
15.
|
Gambar 4.15
|
Pemeriksaan hubungan 50 dengan terminal C
|
67
|
16.
|
Gambar 4.16
|
Pemeriksaan hold in coil
|
67
|
17.
|
Gambar 4.17
|
Menguji motor starter tanapa beban
|
68
|
18.
|
Gambar 4.18
|
Pengujian hold in coil
|
68
|
19.
|
Gambar 4.19
|
Pemeriksaan kembalinya gigi pinion
|
69
|
20.
|
Gambar 4.20
|
Pemeriksaan celah anatra gigi pinin dengan cincin penahan
|
69
|
21.
|
Gambar 4.21
|
Pengujian kerja starter tanpa beban
|
70
|
B.PENGISIAN
No
|
Gambar
|
Keterangan
|
Hal
|
1.
|
Gambar 4.22
|
Pmeriksaan Pendahuluan
|
71
|
2.
|
Gambar 4.23
|
Test suara yang tidak normal
|
71
|
3.
|
Gambar 4.24
|
Merakit alternator
|
71
|
4.
|
Gambar 4.25
|
Menghubungkan positif tester pada probe negatif
|
72
|
5.
|
Gambar 4.26
|
Dioda sisi negatif tidak ada hubungan
|
72
|
6.
|
Gambar 4.27
|
Bila dioda keadaan normal
|
73
|
7.
|
Gambar 4.28
|
Short circuit test pada receiver sisi positif
|
73
|
8.
|
Gambar 4.29
|
Probe positif dihubungkan pada terminal B dan
probe negatif ke terminal N
|
73
|
9.
|
Gambar 4.30
|
Test tahanan rotor coil
|
74
|
10.
|
Gambar 4.31
|
Komponen alternator
|
75
|
11.
|
Gambar 4.32
|
Membongkar alternator
|
75
|
12.
|
Gambar 4.33
|
Melepas receiver holder
|
75
|
13.
|
Gambar 4.34
|
Pemeriksaan alternator
|
76
|
14.
|
Gambar 4.35
|
Pemeriksaan rotor dengan masa
|
76
|
15.
|
Gambar 4.36
|
Pemeriksaan slip ring
|
76
|
16.
|
Gambar 4.37
|
Pengukuran panjang sikat terpasang
|
77
|
17.
|
Gambar 4.38
|
Membuka solder alternator
|
77
|
18.
|
Gambar 4.39
|
Periksa sikat dapat bergerak dengan lembut di dalam holder
|
78
|
19.
|
Gambar 4.40
|
Pemeriksaan receiver positif
|
78
|
20.
|
Gambar 4.41
|
Pemeriksaan rearing bearing
|
78
|
21.
|
Gambar 4.42
|
Melepas bearing
|
79
|
22.
|
Gambar 4.43
|
Merakit alternator
|
80
|
23.
|
Gambar 4.44
|
Pemeriksaan bahwa rotor dapat berputar dengan lembut
|
80
|
24.
|
Gambar 4.45
|
Komponen komponen alternator konvensional
|
81
|
25.
|
Gambar 4.46
|
Membongkar alternator
|
81
|
26.
|
Gambar 4.47
|
Memputar pulley
|
81
|
27.
|
Gambar 4.48
|
Memeriksa panjang sikat
|
82
|
28.
|
Gambar 4.49
|
Memasukan kawat atau kabel ke dalam ludang brush
|
83
|
29.
|
Gambar 4.50
|
Memasang bruksh holder cover pada rear end framo
|
83
|
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam penggunaan kendaraan bermotor khususnya roda empat sebagai
transportasi untuk pergi ketempat yang kita inginkan harus selalu dalam kondisi
yang baik. Agar kendaraan yang kita gunakan selalu dalam kondisi yang baik maka
perlu dilakukan Perawatan dan Perbaikan seperti TUNE UP KONVENSIONAL, OVERHAUL ENGINE, OVERHAUL TRANSMISI
MANUAL, OVERHAUL SYSTEM STARTER DAN PENGISIAN
.
B. TUJUAN
1. Memenuhi salah satu syarat wajib ikut ujian.
2. Sebagai bukti bahwa ilmu yang didapat disekolah.
3. Sebagai buku pedoman untuk mempermudah dalam
bekerja.
C. MANFAAT
1.Untuk Siswa
a. Untuk pedoman dalam belajar.
b. Mengetahui nama-nama komponen kendaraan, kerusakannya
dan cara dalam memperbaikinya.
2. Untuk Sekolah
a. Sebagai dokumen sekolah.
b. Sebagai salah satu kenang-kenangan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. ALAT DAN BAHAN
1. Alat
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
Pemilik
|
1.
|
Kunci Busi + Socket
|
6-24 mm
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
2.
|
Kunci Kombinasi
|
6-19 mm
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
3.
|
Kunci T
|
10-14 mm
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
4.
|
Tang
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
5.
|
Multitester
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
6.
|
Radiator Cup Tester
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
7.
|
Vacum Tester
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
8.
|
Hydrometer
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
9.
|
Kunci Moment
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
10.
|
Mistar Baja
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
11.
|
Palu
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
12.
|
Kunci Ring
|
12-15 mm
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
13.
|
Obeng
|
Min Plus
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
14.
|
Tracker
|
General
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
15.
|
Kunci Shock
|
General
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
16.
|
SST
|
General
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
17.
|
Gergaji
|
General
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
18.
|
Timming Light
|
General
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
19.
|
Kunci Pas
|
10 mm
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
20.
|
Dial Tester Indicator
|
General
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
21.
|
Feeler Gauge
|
0,01-1,00 mm
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
22.
|
Scan Tool
|
General
|
1
|
Set
|
Sekolah
|
2. Bahan
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Satuan
|
Pemilik
|
23.
|
Kompresor
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
24.
|
Oil Pan
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
25.
|
Kain Lap
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
26.
|
Oli
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
27.
|
Air Accu
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
28.
|
Bensin
|
General
|
2
|
Unit
|
Sekolah
|
29.
|
Amplas
|
General
|
2
|
Unit
|
Sekolah
|
30.
|
Transmisi
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
31.
|
Kain
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
32.
|
Balok
|
General
|
2
|
Unit
|
Sekolah
|
33.
|
Minyak Rem
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
34.
|
Kanvas Rem
|
General
|
4
|
Unit
|
Sekolah
|
35.
|
Relay
|
General
|
2
|
Unit
|
Sekolah
|
36.
|
Isolator
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
37.
|
Battery
|
General
|
2
|
Unit
|
Sekolah
|
38.
|
Kabel
|
General
|
3
|
Unit
|
Sekolah
|
39.
|
Fuse
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
40.
|
Starter
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
41.
|
Alternator
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
42.
|
Kabel Tegangan
|
General
|
2
|
Unit
|
Sekolah
|
43.
|
Kunci Kontak
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
44.
|
Solenoid
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
45.
|
Pinion Gear
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
46.
|
Motor Stater
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
47.
|
Regulator
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
48.
|
Dinamo
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
49.
|
Pulley/Puli
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
50.
|
Engine
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
51.
|
Kopling
|
General
|
1
|
Unit
|
Sekolah
|
B. MATERI UJI
1.
TUNE-UP KONVESIONAL
Ø Alat yang dibutuhkan :
a.
Kunci busi, sambungan shock
pendek dan racket.
b.
Kunci ring : 6 - 7, 8 – 9, 10 –
11, 12 – 13, 14 – 15, 16 – 17, 18 – 19.
c.
Kunci pas : 10 – 11, 12 – 13,
14 – 15, 16 – 17 ,18 – 19.
d.
Tang
e.
Kunci T : 10 , 12 , 14.
f.
Avo meter
g.
Radiator tester
h.
Kunci momen
i.
Hydrometer
j.
Vacuum advancer
k.
Mistar baja + spring scale
Ø Alat lain :
a.
Kompresor
b.
Kain lain
c.
Oli pan
d.
Tempat yang bersih
1. Identifikasi kerusakan:
Sebelum proses
produksi , seharusnya melakukan identifikasi kerusakan. Agar dapat mengetahui
kerusakan-kerusakan pada mesin sehingga tidak terjadi kesalahan dalam perbaikan
maupun penyetelan.
2. Persiapan alat dan bahan:
Sebelum
melakukan pekerjaan tune up pada kendaraan , kita harus mempersiapkan persiapan
untuk bekerja seperti (toolset , tachometer , dwell tester , multi tester dll).
Dan juga peralataan dan bahan –bahan lain.
3. Persiapan keselamatan
kerja:
Gambar 1.1
|
a.
Fender cover:
Pasangkan fender cover pada kendaraan untuk melindungi
fender kendaraan dari goresan atau kotoran.
b.
Gril cover:
Pasangkan gril cover untuk menutup bagian depan
kendaraan.
c.
Stering cover:
Pasangkan pada roda
kemudian agar stering tidak kotor.
d.
Floor cover:
Untuk melindungi lantai kendaraan bagian depan
e.
Seat cover:
Untuk melindungi tempat duduk bagian depan
4. Pembongkaran:
Proses pembongkaran
harus mengikuti prosedur – prosedur tune
up:
a.
Lepaskan saringan dari
pengikatnya.
b.
Lepaskan kelep pengunci tutup
saringan udara dan lepaskan tutup saringan udara.
c.
Lepaskan baterai dari mobil
(lepaskan kabel negatif kemudian kabel positifnya).
d.
Lepas kabel busi pelan-pelan.
e.
Lepas busi satu persatu.
f.
Buka penutup kepala silinder.
Proses
pada tune-up.
Pekerjaan tune-up mesin bertujuan
mengembalikan kondisi kendaraan kembali seperti semula (bertenaga), untuk
menghasilkan seperti yang kita inginkan maka perlu melakukan pekerjaan tune-up
sesuai dengan prosedur yang benar, yaitu :
·
Pemeriksaan mesin pada saat masih dingin/mesin mati
-
Pemeriksaan minyak pelumas
mesin
-
Pemeriksaan system pendingin
mesin
-
Pemeriksaan tali kipas
-
Pemeriksaan saringan bensin
-
Pemeriksaan saringan udara
-
Pemeriksaan baterai
-
Pemeriksaan system pengapian
2. OVERHOUL ENGINE
A.
KEPALA SILINDER
KOMPONEN-KOMPONEN KEPALA SILINDER
Gambar 2.1
|
MEBONGKAR KEPALA SILINDER
1.
Kuras air pendingin msin
2.
Lpas kabel tegangan, tinggi
dari bis
3.
Lepas busi
4.
Lepas tabung busi dari ring –O
5.
Lepas slang bahan bakar dan
slang vakum
a)
Gambar 2.2
|
b)
Lepas pipa bahan bakar dan slang vakum dari kleman
6.
Lepas rakitan manifold dan
karburator
a)
Lepas slang PCV dari tutup
kepala silinder
b)
Lepas 6 buah mur pengikat
manifold dengan kepala silinder
c)
Gambar 2.3
|
7.
Lepas slang bypass air
8.
Lepas tutup kepala slinder
Lepas 2 mur pengikat, seal washer, tutup kepala silinder
dan gasket
Gambar 2.4
|
9.
LEPAS RAKITAN ROCKER ARM DAN
SHAFT
(a)
Gambar 2.5
|
(b)
Lepas rakilan rocker arm dan
shaft
10.
LEPAS PUSH ROD
Gambar 2.6
|
CATATAN: Simpanlah push rod dengan urutan yang benar
11.
LEPAS KEPALA SILINDER
(a)
Secara merata kendorkan dan
lepas 3 baut beberapa tahap, dengan urutan seperti pada gambar PERINGATAN:
Kepala Silinder yang bengkok atau retak bisa disebabkan oleh kesalahan urutan
membuka baut pengikat.
(b)
Secara merata kendorkan dan lepas 10 baut kepala
dalam beberapa tahap, dengan urutan seperti pada gambar
PERINGATAN: Kepala silinder yang
bengkok atau retak bisa disebabkan kesalahan urutan membuka baut.
Gambar 2.7
|
(c)
Angkat kepala silinder dari lekukan pada blok
silinder dan kemudian letakkan diatas balok kayu pada meja kerja.
Gambar 2.8
|
PERINGATAN: berhati-hatilah agar tidak merusak
permukaan kepala silinder dan blok silinder yang berhubungan dengan gasket.
12.
LEPAS RUMAH SALURAN KELUAR AIR
DAN PLAT BELAKANG
(a)
Lepas 2 baut, kleman, rumah saluran
keluar air dan gasket
(b)
Gambar 2.10
|
Gambar 2.9
|
13.
LEPAS KATUP - KATUP
(a)
Menggunakan SST, tekan pegas
katup dan lepas 2 keeper
SST 09202 – 70020(09202-00010,
09202 – 01010
09202 –01020,
90154-80004)
(b)
Lepas penahan pegas, pegas
katup dan katup.
1.
PASANG VALVE LIFTER
PETUNJUK : Oleskan oli mesin pada valve lifter
2.
PASANG PULI CRANKSHAFT
(a)
Pasang pull crankshaft
(b)
Menggunakan SST, pasang dan
kencangkan baut puli
Gambar 2.62
|
00021
(09330 - 00030)
Momen : 88 Nm (900 kgf-cm, 65 ft-lbf)
3.
PASANG OIL PUMP
(Lihat pemasangan pompa oli pada sistem pelumasan)
4.
PASANG POMPA BAHAN BAKAR
Gambar 2.63
|
5.
PASANG DISTRIBUTOR
(Lihat
pemasangan distributor pada sistem pengapian)
6.
PASANG KEPALA SILINDER
(Lihat
pemasangan kepata silinder)
7.
Gambar 2.64
|
(Lihat pemasangan pompa air pada sistem pendingin)
B.
BLOK SILINDER
KOMPONEN-KOMPONEN
Gambar 2.65
|
PERSIAPAN SEBELUM MEMBONGKAR
1.
LEPAS FLY WHEEL
2.
LEPAS REAR END PLATE
3.
PASANG MESIN PADA ENGINE STAND
UNTUKPE MBONGKARAN
4.
LEPAS KEFALA SUNDER
(Lihat pembongkararKepala silinder)
5.
LEPAS POMPA AIR
(Lihat pembongkaran pompa air pada sistem pendingin)
6.
LEPAS ALTERNATOR DAN BRACKET
7.
LEPAS RANTAI TIMING
(Lihat pembongkaran Rantai Timing)
8.
LEPAS POMPA OLI
(Lepas pembongkaran pada sistem Pelumasan)
9.
LEPAS GANTUNGAN MESIN No. 2
10.
LEPAS TONGKAT PENGUKUR OLI
11.
LEPAS RAKITAN SARINGAN OLI DAN
BRACKET
Lepas 2 baut, bracket, saringan oli dan gasket
12.
LEPAS DRAIN COCK
13.
LEPAS FRONT END PLATE
Lepas 2 baut, front end plate dan gasket
14.
LEPAS BRACKET ENGINE MOUNTING
MEMBONGKAR BLOK
SUNDER
1.
LEPAS PENAHAN OIL SEAL BELAKANG
Lepas 5 baut penahan dan gasket
2.
PERIKSA CELAH CONNECTING ROD
Gambar 2.66
|
Celah standar :
0,150-0,330 min (0,0059
- 0,0130 in)
Celah maksimum
0,30 nim (0,6118 in)
Jika
celahnya lebih dan nilai maksimum, ganti rakitan conecting rod, jika
diperlukan, ganti crankshaft.
Gambar 2.67
|
3.
LEPAS CONNECTING ROD CAP DAN PERIKSA CELAH O LI
(a)
Periksa tanda pemasangan pada
connecting rod capuntuk menjamin pemasangan benar
(b)
Lepas 2 baut connecting rod
(c)
Gambar 2.68
|
PETUNJUK: Biarkan bearing bawah tetapmenempel
pada connecting rod cap.
(d)
Bersihkan crank pin dan bearing
(e)
Periksa crank pin dan bearing
dankemungkinan adanya bintik atau goresan
Gambar 2.69
|
(f)
Gambar 2.70
|
(g)
Pasang connecting rod cap
dengan 2 baut
(Lihat langkah 8 pada perakitan blok silinder)
Momen:
Pertama : 24,5 Nm (250 kgf-cm, 18 ft-lbf) Kedus : Putar kembali 90°
PERHATIAN: Jangan memutar crankshaft
(h)
Gambar 2.71
|
(i)
Ukur Plastigage pada tempat
vane paling lebar. Celah oli standar:
STD:
Gambar 2.72
|
U/S
0,25, U/S 0,50 dan U/S 0,75:
0,019
- 0,058 mm (0,0007 - 0.0022 in)
Celah oli
maksimum
0,08 mm (0.0031 in)
Jika celah oli lebih dari nilai maksimum, ganti bearing. Jika diperlukan,
gerinda atau ganti cranjshaft.
:
3.OVERHAUL TRANSMISI MANUAL
Keselamatan kerja :
·
Alat ukur jangan sampai rusak
·
Perhatikan langkah – langkah
pengukuran dan toleransi yang diizinkan
·
Ukuran (spesifikasi) yang tepat
dapat dilihat pada buku manual
Alat dan bahan :
a.
Feller gauge
b.
Dial indicator
c.
Transmisi
d.
Jangka sorong
e.
Kunci T : 10 – 12 – 14
f.
Obeng (-) (+)
1)
Langkah kerja
a.
Gambar : 3.1
|
b.
Lepas kontak lampu mundur
c.
Lepas pegas pengembali tuas
pembebas kopling
d.
Lepas pengantar tuas pembebas
e.
Lepas tuas pembebas kopling
f.
Lepas tutup dan paking rumah
transmisi
g.
Lepas roda gigi speedometer
h.
Lepas rumah belakang
Awas
!!bola dan pegas jangan sampai hilang
·
Melepas poros dan roda gigi
balik
(perhatikan baut pengunci
poros dan cincin speacer)
·
Melepas poros bantu (counter
shaft) dengan mengelurkan poros pemegang dalam
Awas !!bantalan rol dan
sinkromes jangan sampai rusak atau hilang
·
Melepas tuas dan garpu pemindah
( perhatikan ketiga pasak pengunci jangan sampai hilang)
·
Keluarkan poros output (
gunakan trailer / fuller untuk melepas bantalan)
·
Kelurkan poros input dari dalam
rumah transmisi
·
Melepas roda roda gigi poros output.
Bagian
depan poros output
Gambar : 3.2
|
·
Gambar : 3.3
|
Dari belakang
·
Gambar : 3.4
|
2) Memasang
Gambar
: 3.5
|
·
Persiapkan unit penghubung sinkromes (gigi pengunci dan
kopling geser)
·
Perhatikan perbedaan dan arah
pemasangnya !
·
pasang poros output seperti
gambar
Gambar : 3.6
|
·
Gambar : 3.7
|
·
Periksa dudukan pengunci
sinkromes
·
Periksa permukaan cincin untuk
gigi 1
·
Pasang poros input dirumah
transmisi dan tutup bantalan depan
·
Masukan poros output sampai
ujung poros duduk pada bantalan rol dalam poros input dan bantalan pada rumah
transmisi
·
Pasang garpu – garpu dan tuas –
tuas pemindah
Gambar
: 3.8
|
·
Pasang pasak pegas (pin pegas)
pengunci pada garpu – garpu
·
Pasang poros bantu (counter
shaft)
·
Control keolengan gigi , bila
perlu ganti shim
·
Pasang poros dan roda gigi
balik (perhatikan kebebasan roda gigi)
·
Pasang lengan pemindah pada
rumah belakang
·
Pasang rumah belakang’
·
Pasang kontak lampu mundur,
roda gigi spedoometer dan tutup transmisi
Pemeriksaan komponen transmisi
1)
Langkah kerja.
Periksa poros input :
·
Gambar : 3.9
|
·
Pemeriksaan dudukan bantalan
pilot
·
Permukaan gigi dudukan plat
kopling
·
Dudukan ring penjamin (snap
ring)
·
Dudukan bantalan poros input
·
Periksa permukaan gigi input
dan gigi penghubung unit sinkromes
·
Periksa bantalan peluru / rol.
§
Pemeriksaan poros utama :
·
Gambar : 3.10
|
C
·
Periksa diameter dudukan roda
gigi 2 dan 3
A
·
Periksa tebal
bantalan B
DAN SETERUSNYA
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Banyak system
yang ada pada kendaraan bermotor, contohnya kendaraan roda empat (mobil),
seperti MESIN TRANSMISI dan STARTER.. Dibuat Tugas Akhir (TA)
ini merupakan pedoman agar kendaraan yang kita pakai selalu maksimal
performanya dan setiap komponen berfungsi sebagaimana semestinya.
Saya berharap
buku ini dapat bermanfaat bagi pembacanya dan digunakan dengan baik.
B. SARAN
1.
Untuk Sekolah
a.
Memberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang melanggar aturan sekolah.
2.
Untuk Siswa
a. Jangan lupa berdoa sebelum
melakukan praktek.
b. Gunakanlah alat sesuai dengan SOP.
c. Dalam melakukan pekerjaan cepat, teliti dan selamat.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Job shet tune-up konvensionl SMK
2.
Job sheet overhaul mesian SMK
3.
Job sheet overhaul transmisi
manual SMK
4.
Job sheet overhaul sistem starter SMK
5.
Job sheet pengisian SMK
6.
Referensi TA tahun 2015/2016
Lampiran:
HALAMAN BIMBINGAN
NO.
|
Hari/Tanggal
|
Hasil Konsultasi Bimbingan
|
Keterangan
|
Paraf
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
No comments:
Post a Comment