Sunday, December 5, 2010

Menulis Arab di OpenOffice Writer

Beberapa waktu yang lalu, ketika lagi rame membahas Sabily 9.04. Ada beberapa pertanyaan : “apakah bisa buat nulis arab?”
Ndak tau Sabily ada applikasi khusus buat nulis arab ato ndak. Ubuntu, Linuxmint dan yang lain bisa saja buat nulis arab di openoffice writernya.

Saya ndak ahli nulis Arab. Jadi kalo cara dan contoh dibawah ini dirasa ndak sesuai dengan kaidah tulisan Arab yang baku,benar dan disempurnakan…ya, ampuni hamba.

1. Biar mudah kedepannya, letakkan Keyboard Indicator di panel. Buat memunculkannya, klik kanan di sela-sela panel lalu pilih Add to Panel.
add_panel
2. Setelah muncul halaman Add to Panel, cari dan klik Keyboard Indicator. Pencet tombol Add jika sudah mantep.
kibor_indicator
3. Setelah muncul ikon Keyboard Indicator di panel -menu (saya pake yg USA, jadi keluarnya tulisan USA). Klik kanan ikon (applet) Keyboard Indicator, pilih Keyboard Preferences.
key_pereference
4. Di halaman Keyboard Preferences pilih tab Layouts. Kemudian klik Add.
layout
5.  Muncul halaman Choose a Layout klik tab By Language. Di option Language dan Variants pilih Arabic. Klik Add. Setelah kembali ke halaman Keyboard Preferences klik saja Close.
by_bahasa
6. Setelah ini, setting di Openoffice Writer (Word Processor)-nya. Klik Menu Tools |Option .
7. Dari halaman Options, klik pilihan Language Settings | Languages. Di opsi Enhanced Language Support, centang opsi Enabled for Asian languages dan Enabled for xomplex text layout (CTL). Klik OK.
oo_language_setting
8. Selanjutnya, menulis Arab tinggal 1 kali klik ikon Keyboard Indicator di panel. Begitu ikon tersebut berganti tulisan “Ara”, berati tulisan Arab siap dipraktekkan seperti contoh ini :
assalamualaikum
9. Klik ikon keyboard di panel 1 kali buat mengembalikan ke default keyboard semula.
10. Ini sekedar translasi keyboard untuk membantu menyesuaikan dengan huruf Arab :
translasi
Demikian.

No comments:

Post a Comment

MANAGEMEN PEMASARAM BANK

  BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Lembaga keuangan perbankkan dalam kinerja untuk kesuksesan baik manajemen maupun operasiona...