Makalah tentang spreadsheet
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan ke
hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat Rahmat dan KaruniaNya sehingga kami
dapat meyusun makalah degan judul “ MENGOPERASIKAN SOFTWARE SPREADSHEET’’
Karya ilmiah ini ditulis untuk
memenuhi tugas AKUTANSI. Terima kasih kepada Bu Dwi Sumaryani, S.Pd yang telah
membantu kami dalam meyusun makalah ini. Tak lupa juga kepada teman teman
kepada berkat bantuannya kita dapat meyelesaikan makalah ini pada waktnya.
Penulis menyadari bahwa ada
kekurangan pada makalah ini . Mohon
saran dan kritik para pembaca untuk memperbaiki makalah ini.
Akhir kata semoga makalah dapat
memberikan manfaat bagi kita semua.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Spreadsheet,
kata spread berarti membentangkan dan sheet berarti lembaran . Sedikit gambaran yang
bisa penulis berikan, mungkin anda pernah melihat seorang akuntan,bendahara
atau kepala bagian keuangan membentangkan buku besar atau anggaranbelanja,
dimana terdapat kolom-kolom serta bilangan berbaris-baris . Anggaran
belanjaatau buku besar tersebut juga dapat dikatakan spreadsheet. Kali ini
penulis akan membahas cara mengoperasikan software spreadsheet .
B. Rumusan Masalah
v Bagaimana prosedur yang benar
memulai,mematikan,membuka,menutup,menyimpan software spreadsheet ?
v Apa saja bagian-bagian dari software spreadsheet ?
v Apa saja fungsi dari bagian-bagian spreadsheet tersebut?
C. Tujuan Penulisan
Memenuhi tugas mata pelajaran Dasar
Program Keahlian Akutansi ( Spreadsheet )
D. Manfaat
Memberikan informasi kepada para pembaca tentang cara mengoperasikan
software spreadsheet dengan benar .
( 2 )
BAB II
PEMBAHASAN
Spreadsheet adalah sebuah program aplikasi komputer interaktif untuk
organisasi dan analisis data dalam bentuk tabel. Spreadsheet dikembangkan
sebagai simulasi komputerisasi akuntansi lembar kertas. Microsoft Excel adalah
aplikasi spreadsheet canggih yang bisa digunakan untuk menampilkan data,
melakukan pengolahan data, kalkulasi, membuat diagram, laporan, dan semua hal
yang berkaitan dengan data yang berupa angka. Contoh aplikatif dari penggunaan
spreadsheet dalam kehidupan seharihari misalnya untuk keperluan sebagai
berikut.
1.
Menghitung rata-rata atau nilai
maksimum suatu data.
2.
Membuat sebuah grafik yang
memperlihatkan presentasi suatu penjualan dalam range tertentu.
3.
Memperlihatkan jumlah total suatu
variabel.
4.
Memanajemen suatu database.
Spreadsheet pada dasarnya adalah grid besar yang menata
data ke dalam baris dan kolom, namun Excel memiliki fitur yang lebih dan hanya
sekedar pengganti buku akuntansi. Excel dapat melakukan semua kalkulasi yang
diinginkan, dan misalkan data di dalam sebuah sheet Excel diubah/di-update,
maka Excel dapat langsung melakukan peng-update-an hasil tanpa harus mengubah
struktur keseluruhan dari penulisan spreadsheet.
Salah satu software spreadsheet terbaru saat ini adalah Microsoft Excel 2007. Aplikasi pengolah angka ini merupakan salah satu bagian dalam Microsoft Office 2007. Microsoft Excel 2007 ini dapat dijalankan dengan sistem operasi Windows XP, dan Windows XP Profesional ,Windows 7 dll ( 3 )
Menurut penelitian mengenai penggunaan
program di Amerika dinyatakan bahwa Microsoft Excel keluaran dari Microsoft
Corporation ini terbukti paling laris dan paling banyak digunakan di pasaran
jika dibandingkan dengan program pengolah angka sejenis seperti Quattro,
Quattro Pro, Lotus, dan Supercall. Hal tersebut
dikarenakan Microsoft Excel berada di bawah sistem operasi Windows yang
memiliki keunggulan berbasis grafik (Grafic user interface/GUI) yang
dikembangkan oleh Microsoft, artinya sistem ini selain digunakan untuk mode
grafis juga memiliki kelebihan untuk melaksanakan tugas ganda/multitasking.
Pada saat yang bersamaan dapat digunakan untuk menjalankan program lain yang
berbeda.
1. Memulai Microsoft Excel
2007
Langkah pertama sebelum memulai program ini Anda harus mengecek apakah komputer Anda sudah terinstall program Microsoft Excel 2007 atau belum. Setelah Anda meyakini bahwa Microsoft Excel 2007 telah terinstall di dalam komputer Anda, maka Anda dapat menggunakan software ini untuk berbagai keperluan.
Langkah pertama sebelum memulai program ini Anda harus mengecek apakah komputer Anda sudah terinstall program Microsoft Excel 2007 atau belum. Setelah Anda meyakini bahwa Microsoft Excel 2007 telah terinstall di dalam komputer Anda, maka Anda dapat menggunakan software ini untuk berbagai keperluan.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, antara lain sebagai berikut.
Cara pertama
Ø Melalui double klik shortcut
Microsoft Excel di desktop.
Melalui file yang terdapat di Microsoft
Excel
Jika ingin membuka
Microsoft Excel dengan cara pertama, maka pada desktop harus sudah ada
shortcut-nya terlebih dahulu. Seandainya shortcut belum terpasang di desktop,
shortcut dapat dimunculkan dengan langkah berikut.
Jika ingin membuka Microssoft Excel
2007 dengan cara kedua, langkah yang digunakan adalah sebagai berikut :
v Klik
menu Start, kemudian arahkan pada pilihan All Programs.
v Klik
Microsoft Office
v Klik
Microsoft Office Excel 2007
v Sekarang
Anda siap bekerja dengan Excel 2007.
( 4 )
2. Cara Mengakhiri Excel 2007
Setelah Anda selesai
menggunakan Microsoft Excel 2007, Anda perlu menutup program aplikasi windows
tersebut sebelum mematikan komputer. Cara untuk menutup program adalah dengan
cara meng-klik tombol Close (X) yang terdapat di sebelah kanan atas Windows Excel atau
dapat juga melalui ikon kontrol menu yang terdapat di pojok kiri, caranya
sebagai berikut.
· Klik
ikon menu kontrol Microsoft Excel 2007.
· Pilih
dan klik Exit Excel
3. Menyimpan lembar kerja Excel
Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu
diamankan agar tidak hilang, yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket
terlebih dahulu. Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan
dalam file Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah
sebagai berikut.
a. Klik ikon pada quick access toolbar.
b. Setelah masuk ke
kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam
kotak pilihan Save in. ( 5 )
c. Isikan nama file sesuai dengan keinginan di
kotak isian file name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel.
Sebagai contoh, apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai,
maka yang harus dilakukan adalah menghapus “Book
1” kemudian ketikan
Latihan 1”.
d. Setelah selesai
klik Save
4. Mengenal Bagian-Bagian Microsoft Excel
Beserta Fungsinya
1.
Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save,
Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close
· New, merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong
untuk dilakukan pengetikan dokumen baru.
· Open, merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft
Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk,
Disket, atau media simpan lain.
· Save,merupakan perintah untuk menyimpan file yang sudah pernah
disimpan
· Save As, berfungsi untuk menyimpan file yang belum pernah
disimpan.
( 6 )
· Print, digunakan untuk mencetak file
· Prepare,digunakan untuk melakukan properti khusus pada file dokumen
aktif
· Send, digunakan untuk mengirim file dokumen aktif sebagai
email/faksmile
· Publish , digunakan untuk menerbitkan dokumen aktif ke
website/blog,dll
· Close , digunakan untuk menutup file dokumen yang aktif
2. Menu Bar
Tab Home berisikan
:
v Clipboard
Kegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).
v Font
Nama
|
Fungsi
|
Font style
|
Format
bentuk huruf
|
Copy
|
Menggandakan
teks
|
Grow font
|
Membuat
format huruf menjadi besar
|
Shimk font
|
Mengecilkan
huruf
|
Italic
|
Membuat
huruf miring
|
Underline
|
Membuat
garis bawah
|
Bold
|
Menebalkan
huruf
|
Forn
color
|
Memberi warna huruf
|
( 7 )
v Aligment
Sub menu alignment terdiri dari icon seperti pada tabel di
bawah ini :
Nama
|
Fungsi
|
Top Align
|
Format teks rata tengah dengan posisi di sebelah kiri halaman
|
Middle Align
|
Fornat teks rata tengah dengan posisi di tengah halaman
|
Bottom
|
Penggalan halaman
|
Aligh left
|
Format teks rata kiri
|
Justify
|
Format teks rata tengah
|
Alighn
Righ
|
Format teks rata
kanan
|
Decrease
indent
|
Menjorok ke kiri
|
Increase
indent
|
Menjorok ke kanan
|
v Number
Submenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel
berikut.
Nama
|
Fungsi
|
General
|
Tombol pengatur
secara umum
|
Curency
|
Format mata uang
|
Percent
|
Format Persen
|
Coma
|
Pemberin koma pada
data
|
Decrease
desimal
|
mengurangan angka
desimal
|
Increase
desimal
|
menambahan angka
desimal
|
v Styles
Sub menu Styel terdiri dari :
Nama
|
Fungsi
|
Conditional
formating
|
Pembuatan format yang dikondisikan
sesuai keinginan
|
Format
as table
|
Pembuatan table dengan format yang
disediakan
|
Cell
Styel
|
Pembuatan penampila sel
|
v Cells
Submenu Cells
terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
(
8 )
Nama
|
Fungsi
|
Insert
|
Menyisipkan
sel
|
Delete
|
Menghapus
sel
|
Format
|
Pengaturan
penampilan sel
|
v Editing
Submenu Editing terdiri dari ikon
(tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
Nama
|
Fungsi
|
Autosum
|
Memghitung secara
otomatis,membuat rumus
|
Eraser
|
Menghapus sel
|
Sort
and Filter
|
Mengurutkan dan menyaring
data
|
Find
and Select
|
Mencari dan
menyeleksi data
|
Tab Insert berisikan :
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut
Ø Table
Ø Ilustrations
Ø Chart
digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
Ø Text,
digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan
header and footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan
simbol.
Ø Link
Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar
kerja
Tab Page
Layout
Tab page Layout digunakan untuk mengatur
data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.
a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.
b) Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul tabel.
c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi,
serta skala kolom atau baris secara otomatis.
d) Sheet Option, digunakan untuk menampilkan garis bantu
serta heading suatu data. (
10 )
e) Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.
Tab Formula
Digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi
logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).
Tab Data
Tab data digunakan untuk memasukkan data
eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk
mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk
membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses
grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.
Tab
Review
Tab Review digunakan untuk mengeja
kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan
data).
Tab View
Tab View
Tab View digunakan
untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja
dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerja.
3. Quick
Access Toolbar
Quick access
toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu
kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang
masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol
satu dengan tombol lainnya.
4. Baris Tab ( 11 )
Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
5. Size Button
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut :
4. Baris Tab ( 11 )
Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
5. Size Button
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut :
ü
Minimize Untuk
menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi
sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.
ü
Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel
keukuran semula.
ü
Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel
menjadi ukuran yang lebar.
ü
Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.
5. Name Box
Name box merupakan toolbar yang berisi
alamat suatu cell.
7. Formula Bar
7. Formula Bar
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan
rumus (fungsi).
Keterangan :
· Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan
pengisian sel melalui formula bar.
· Tombol Enter digunakan untuk memasukkan
teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
· Tombol Insert Function digunakan untuk
menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.
8. Kolom
Kolom merupakan baris lajur yang berisi
abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
( 12 )
9. Baris
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah
baris maksimal).
10. Scroll Bar
10. Scroll Bar
Scroll bar merupakan bar penggulung yang
dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
a. Vertical
scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
b. Horizontal
scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
11. Tombol
Navigasi Sheet
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
12. Baris Status
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
13. Zoom
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
12. Baris Status
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
13. Zoom
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
BAB
3
PENUTUP
Semakin
hari, program spreadsheet yang tersedia gratis semakin banyak. Yang
menjadipertanyaan bagaimana memilih software tersebut untuk keperluan sendiri
atau keperluan kantor? Sering kita memilih software yang mempunyai kualitas
paling bagus atau fiturpaling lengkap dengan harapan untuk mendapatkan
kemudahan menyelesaikan persoalanyang sedang dikerjakan.
Ketersediaan
fitur yang melebihi kebutuhan dapat menyebabkan konsentrasi terhadap yang
dikerjakan menjadi kurang dan beban mesin menjadi lebih berat, dengan kata lain
mesin menjadi lambat. Sebenarnya tidak terlalu sulit memilih jenis program
spreadsheet yang akan digunakan asal tahu apa yang akan dikerjakan, lalumencari
spreadsheet yang mempunyai kemampuan yang sesuai agar pengunaan
Terima kasih pada penulis,Makalah ini sangat bermanfaat bagi pemula yang ingin mempelajari spreadsheet,
ReplyDelete